Anggaran adalah hal krusial yang harus Anda miliki saat ingin menggunakan kampanye iklan. Namun, bagaimana cara menentukan budget iklan yang tepat? Adakah metode penentuan budget iklan yang efektif?
Mari pelajari bersama bagaimana cara menentukan budget iklan.
Pentingnya Menghitung Anggaran Iklan dengan Tepat
Sebelum menghitung anggaran iklan, tahukah Anda mengapa perhitungan ini penting?
Anggaran mampu memengaruhi dua aspek penting bisnis, yaitu:
- biaya pemasaran, dan
- tingkat keberhasilannya.
Simpelnya, budget bisa berdampak pada laba dan rugi. Jika kampanye sukses, ada peluang tinggi konversi yang memengaruhi laba. Sedangkan pada kampanye yang lemah, bisa membawa kerugian. Apalagi praktik iklan di Google Ads bukanlah pemasaran dengan budget kecil.
Oleh karena itu penting untuk menghitung anggaran iklan dengan teliti.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Budget Iklan
Premium Image Freepik/Ipopba
Tinggi rendahnya budget iklan bisa terpengaruh oleh beberapa hal, yaitu:
1. Target Audiens
Sasaran menentukan media apa yang tepat untuk beriklan. Contoh, jika sasaran Anda adalah milenial, maka media yang cocok adalah sosial media ads, entah Instagram, Facebook, atau juga TikTok.
2. Jenis Produk
Tidak semua produk memerlukan iklan yang masif. Contoh peralatan berat atau mesin produksi. Namun, di sisi lain ada produk yang memang membutuhkan iklan kontinyu. Contohnya adalah kebutuhan harian atau makanan pokok.
Selain itu, iklan produk baru dengan yang sudah ada tentu memerlukan anggaran yang berbeda. Hal ini berkaitan dengan proses produksi atau mekanisme kerjanya.
Pada produk baru, tim perlu membuat konten iklan baru sesuai produk. Berbeda dengan produk yang sudah beredar. Iklan yang sebelumnya, bisa dibuat custom agar lebih powerfull.
3. Jenis Media dan Frekuensi
Biaya iklan di masing-masing media berbeda. Contohnya iklan di koran dan televisi, tentu keduanya memiliki perbedaan tarif. Selain itu, frekuensi penayangan juga berpengaruh pada tinggi rendahnya biaya. Makin sering muncul maka makin tinggi biaya.
4. Laba
Beriklan memiliki tujuan mendapatkan hasil terbaik dari praktik tersebut. Dari laba yang Anda dapat setelah iklan tayang bisa Anda jadikan acuan untuk menentukan anggaran iklan yang pas: tidak menguras juga tidak terlalu sedikit.
5. Siklus Hidup Produk
Umumnya, perusahaan akan mengeluarkan anggaran lebih besar pada awal pengenalan produk karena merek membutuhkan edukasi intens agar audiens sadar akan merek tersebut.
Namun, begitu produk sudah berada di posisi matang, biaya promosi bisa lebih rendah.
Cara Menghitung Budget Iklan Online
Freepik/our-team
Bagi Anda yang ingin beriklan di Google Ads atau memasang iklan online, perhitungan ini bisa sangat membantu memberikan gambaran kasar terkait anggaran yang harus Anda siapkan. Dalam periklanan digital, terkenal dua pembayaran yang pengiklan pahami, yaitu CPC dan CPM.
CPC (Cost Per Click)
CPC atau cost per click adalah kerangka bayar di mana Anda harus membayar saat ada audiens mengeklik iklan. Umumnya terpakai dalam kampanye iklan Google Ads atau sosial media ads. Nantinya, pengiklan bisa menetapkan tawaran maksimum yang bersedia mereka bayarkan untuk setiap klik.
Cara menghitung CPC adalah akumulasi tarif iklan dibagi dengan total klik yang diterima.
Misal, jika Anda membayar $100 untuk iklan dan mendapatkan 200 klik maka CPC Anda adalah $100/200 = $0,50 per klik.
CPM (Cost Per Mille)
CPM atau cost per mille adalah metode bayar di mana Anda membayar per 1000 tayangan iklan. CPM lebih pas untuk iklan yang bertujuan untuk brand awareness.
Di sisi lain, cara menghitung CPM adalah akumulasi tarif iklan dibagi dengan total iklan tayang (dalam ribuan).
Misal, jika Anda membayar $200 untuk iklan dan iklan tersebut ditampilkan sebanyak 50.000 kali maka CPM adalah $200/(50.000/1.000) = $4 per ribu tampilan.
Cara Menentukan Budget Iklan
Premium Image Freepik/Ijeab
Apakah Anda seorang pemula?
Jika, ya mulailah dengan budget kecil. Mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000. Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa bermain di anggaran satu juta.
Di Facebook ads atau Instagram Ads, Anda bisa memulai campaign dengan Rp10.000 untuk 3 campaign sekaligus.
Menentukan budget iklan yang tepat adalah proses yang berkelanjutan. Anda perlu melacak performa iklan dan melakukan penyesuaian budget secara berkala untuk mencapai tujuan marketing Anda.
Tidak perlu ribet dengan cara menentukan budget iklan yang tepat karena sekarang ada AdLight PPC yang siap memberikan susunan anggaran dan rencana yang cocok untuk bisnis. Manfaatkan saja AdLight PPC yang sudah profesional di bidang iklan bertahun-tahun! Hubungi AdLight PPC dan dapatkan kemudahan pelayanannya.